Catat Prestasi, 13 Dosen dan Peneliti Unhas Jadi Terbaik Nasional versi Sinta.

 Catat Prestasi, 13 Dosen dan Peneliti Unhas Jadi Terbaik Nasional versi Sinta.

MAKASSAR.POROSMAJU.Com–Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengumumkan 500 dosen dan peneliti terbaik Indonesia berdasarkan Science and Technology Index (Sinta).

Sebanyak 13 dosen dan peneliti Universitas Hasanuddin masuk dalam daftar. Diumumkan melalui Sinta Series 1 tahun 2020 pada Kamis (28/5/2020).

Dua di antaranya yaitu Anwar Mallongi, SKM, MSc, PhD dan Prof Dr Jamaluddin Jompa, MSc. Mereka berhasil mencatatkan diri pada peringkat 50 besar, masing-masing pada peringkat ke-40 dan peringkat ke-43.

Pemeringkatan kinerja dosen dan peneliti Indonesia berdasarkan Sinta dilakukan menggunakan formula penilaian kinerja peneliti yang memperhitungkan empat variabel yang dinilai berdasarkan karya dosen dalam tiga tahun terakhir.

Pertama, jumlah artikel terindeks Scopus dengan memperhitungkan quartil jurnal tempat publikasi. Kedua, jumlah artikel non-jurnal terindeks di Scopus. Ketiga, jumlah sitasi di Scopus. Keempat, jumlah sitasi di Google Scholar dan jumlah artikel di Jurnal Sinta 1-6.
Menristek, Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, para peneliti dan dosen yang masuk di dalam data Sinta merupakan SDM yang berkualitas dengan publikasi yang berkualitas pula.
“Mereka yang sudah masuk Sinta adalah peneliti atau dosen yang mempunyai publikasi internasional dalam skala yang cukup besar. Artinya, jumlah artikelnya banyak, kualifikasi jurnalnya tinggi, dan tingkat sitasinya pun tinggi,” kata Bambang.

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan apresiasi dan rasa gembira atas masuknya sejumlah dosen Unhas pada daftar tersebut.

Publikasi jurnal ilmiah merupakan hal yang sangat penting jika ingin menjadikan Unhas sebagai bagian dari world class university.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Unhas memang sangat giat mendorong peningkatan publikasi internasional. Berbagai strategi dilakukan, mulai dari peningkatan kapasitas, pendampingan, dan pemberian intensif. Kita juga mengoptimalkan peran unit pengelola publikasi,” kata Prof Dwia.

Prof Dwia berharap capaian yang telah diraih oleh dosen-dosen Unhas tersebut dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan publikasi, khususnya pada jurnal internasional yang bereputasi.

Daftar nama dosen Unhas yang masuk dalam peringkat Sinta 500 tahun ini adalah:
1. Anwar Mallongi, SKM, M.Sc, Ph.D (Fakultas Kesehatan Masyarakat), peringkat ke-40 nasional, dengan Sinta Score 3.154,5.
2. Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan), peringkat ke-43 nasional, dengan Sinta Score 3.113.
3. Prof. Dr. Drg. Muhammad Harun Achmad, M.Kes, Sp.KGA (Fakultas Kedokteran Gigi), peringkat ke-80 nasional, dengan Sinta Score 2.484.
4. Prof. Mochammad Hatta, MD, Ph.D, Clin Microbiologist (Cons) (Fakultas Kedokteran), peringkat ke-82 nasional, dengan Sinta Score 2.469,5.
5. Prof. Dr. Mohammad Ivan Azis, M.Math.Sc (Fakultas MIPA), peringkat ke-85 nasional, dengan Sinta Score 2.459,5.
6. Dr. Marlina Achmad, S.Pi, M.Si (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan), peringkat ke-88 nasional, dengan Sinta Score 2.426.
7. Prof. dr. Rosdiana Natzir, Ph.D, Sp.Biok (Fakultas Kedokteran), peringkat ke-99 nasional, dengan Sinta Score 2.320.
8. Prof. Dr. Dahlang Tahir, M.Si (Fakultas MIPA), peringkat ke- 205 nasional, dengan Sinta Score 1.793,5.
9. Ansariadi, SKM, M.Sc.PH, Ph.D (Fakultas Kesehatan Masyarakat), peringkat ke-261 nasional, dengan Sinta Score 1.638.
10. Prof. dr. Syafruddin, Ph.D (Fakultas Kedokteran), peringkat ke-375 nasional, dengan Sinta Score 1.397,5
11. Muhammad Arsyad, M.Sc, Ph.D (Fakultas Pertanian), peringkat ke-476 nasional, dengan Sinta Score 1.264,5.
12. drg. Muhammad Ruslin, Sp.BM, Ph.D (Fakultas Kedokteran Gigi), peringkat ke-485 nasional, dengan Sinta Score 1.255,5.
13. Drs. Khaeruddin, M.Sc (Fakultas MIPA), peringkat ke-494 nasional, dengan Sinta Score 1.247,5.
 
unhas.ac.id

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *