Flu Tidak Diobati tapi Dicegah

 Flu Tidak Diobati tapi Dicegah

Flu Tidak Diobati tapi Dicegah
Ilustrasi

POROSMAJU.COM, Menghadapi cuaca yang tidak stabil adalah tanda awal virus influenza menyebar. Tidak ada obat untuk flu. Satu-satunya cara supaya tidak menderita flu hanyalah dengan pencegahan.
Cara yang paling efektif adalah vaksinasi flu. Tapi bila anda tidak ingin mengeluarkan uang ke dokter, dapat dilakukan beberapa cara sebagai upaya pencegahan.
1. Cuci tangan 
Kebanyakan virus flu disebarkan melalui kontak langsung. Penderita yang flu, bersin ke tangannya dan dan menyentuh benda tertentu akan menyebabkan kuman hidup berjam-jam pada suatu tempat.
Jadi seringlah mencuci tangan atau gunakan tissue basah antiseptik atau pencuci tangan antiseptik bila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan.
2. Jangan tutup bersin dan batuk Anda dengan tangan 
Karena kuman dan virus melekat pada tangan, jangan meneruskan kuman dan virus tersebut kepada orang lain.
3.Cuci tangan sebelum menyentuh wajah 
Virus flu masuk melalui mata, hidung, atau mulut. Menyentuh wajah adalah cara paling yang sering menularkan pilek dari orang tua kepada anak-anaknya.
4. Berolahraga aerobik secara teratur
Berjalan, berlari, berenang, dan olahraga aerobik lainnya membuat jantung memompa darah;  Anda bernapas lebih cepat untuk membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke darah, dan membuat tubuh anda memanas sehingga berkeringat. Ini membantu meningkatkan daya tahan alami.
5. Konsumsi makanan yang mengandung Phytochemical
Yang termasuk dalam golongan ini adalah sayuran dan buah-buahan berwarna hijau tua, merah dan  kuning.
6. Jangan merokok
Statistik menunjukkan bahwa perokok berat menderita pilek lebih sering dan lebih parah.
Begitu pula perokok pasif. Asap rokok mengeringkan hidung dan merusak rambut-rambut halus yang melapisi selaput lendir pada hidung dan paru-paru.
Rambut-rambut ini berfungsi untuk memfilter virus flu disaluran hidung. Penelitian menunjukkan 1 batang rokok melumpuhkan kinerja rambut-rambut ini selama 30-40 menit.
7. Kurangi Alkohol
Alkohol menurunkan sistem kekebalan tubuh. Peminum berat lebih rentan terhadap infeksi dan komplikasi.
8. Hindari stress
Bersantailah dan sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Penelitian membuktikan bahwa ketika tubuh anda rileks, interleukin – hormon pengatur sistem kekebalan tubuh – akan meningkat.
Latihlah diri anda untuk bersantai, bayangkan hal-hal yang menyenangkan, baca buku atau berjalan-jalan kaki, apapun yang membuat anda rileks. Lakukan 30 menit sehari selama beberapa bulan, dan lihat perubahannya.
Namun bersantai bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Orang yang mecoba rileks tapi merasa bosan, tidak menunjukkan adanya perubahan kimia darah.
Sumber: WebMD

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *