Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Meningkatkan Pendapatan Sektor Pertanian, Pemkab Sinjai Gali Potensi Tanaman Dataran Tinggi 

2
×

Meningkatkan Pendapatan Sektor Pertanian, Pemkab Sinjai Gali Potensi Tanaman Dataran Tinggi 

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

SINJAI, POROSMAJU.com– Pemerintah daerah kabupaten Sinjai giat menggali potensi pengembangan tanaman khusus dataran tinggi jenis tanaman kentang.
Melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Ir. Hj. Marwatiah MSi mengatakan, potensi pengembangan kentang yang berlokasi di kecamatan Sinjai Barat cukup menjanjikan dari beberapa kelompok tani yang dinilai telah berhasil mengembangkan tanaman tersebut.
Herman, salah seorang anggota kelompok tani Mutiara Deda, desa Gunung Perak, kecamatan Sinjai Barat, berharap agar komoditi yang coba dikembangkan ini bisa mendapatkan Pembinaan Khusus dari Kementerian Pertanian karena komoditi ini ternyata mumpuni dan memiliki prospek yang cukup besar, terlebih dengan adanya pengembangan tanaman kentang ternyata mampu mendongkrak tingkat pendapatan ekonomi petani karena permintaan pasar cenderung meningkat.
“Buktinya bukan hanya pansa pasar lokal yang melonjak permintaan jenis komoditi ini pun justru merambah hingga ke pulau Kalimantan. Inilah yang kemudian menjadi harapan kami kepada Pemkab Sinjai dan pemerintah pusat untuk mendapatkan bimbingan dan pembinaan secara berkesinambungan,” kata Herman, Rabu (27/11/2019).
Sementara itu, kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupetan Sinjai, Ir. Hj. Marwatiah MSi mengatakan, potensi pengembangan tanaman kentang di wilayah Sinjai Barat sekitar 470 hektar. Upaya petani dalam rangka peningkatan sektor pertanian khususnya komoditi tersebut cukup besar.
“Apa yg menjadi harapan kelompok tani, itu telah Kita coba melakukan penangkaran kentang melalui Dana APBD Kabupaten, hanya saja luasannya masih terbatas,” jelas Marwatiah.
JUMARDI.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *