Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Viral Pernikahan Anak Di Wajo, IPM Sulsel Dorong Kadis DP3A Libatkan Semua Pihak

1
×

Viral Pernikahan Anak Di Wajo, IPM Sulsel Dorong Kadis DP3A Libatkan Semua Pihak

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

POROSMAJU.MAKASSAR, – Pernikahan anak kembali terjadi di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Wajo, tentu hal tersebut menuai sorotan usai viral di media sosial. Pihak keluarga disebut kekeh menikahkan keduanya dengan alasan takut zina, Kedua mempelai bernama NSS (16) dan MF (15).

Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Sulsel, Muhammad Fepi, menyayangkan masih maraknya pernikahan anak.

Example 300x600

“Kami sebagai organisasi berbasis pelajar, tentu menyayangkan insiden pernikahan anak di Sulsel yang masih marak terjadi, dari segi konstitusi tentu itu melanggar, sesuai UU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan telah mengatur perihal usia minimal 19 tahun bagi laki-laki maupun perempuan,” ujarnya.

“Pun juga persoalan sikologi anak dalam menghadapi realita dan kualitas kehidupan berkeluarga akan terasa berat bagi anak, ini perlu di perhatikan lebih,” lanjutnya.

Ia mendorong Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A – Dalduk KB) Sulsel, lebih melibatkan semua pihak dalam mengatasi pernikahan anak.

“Di Sulsel angka perkawinan anak masih tinggi, sebesar 11,25 persen berdasarkan data Susenas 2020, indikatornya banyak, salah satunya persoalan adat dan ekonomi, maka dirasa perlu pelibatan masyarakat dan semua pihak dalam pencegahan perkawinan anak, serta memastikan tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal,” tuturnya.

Terakhir, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan komunikasi via WhatsApp kepada Kadis DP3A-Dalduk KB Sulsel, Fitriah Zainuddin.

“Bu Kadis menyampaikan bahwa kita harus melakukan kerjasama dan sinergitas, sebab budaya dan pemahaman masyarakat yang harus terus di berikan edukasi, dan juga Bu Kadis bersama jajaran saat di konfirmasi telah berada di kediaman keluarga pasangan anak di Wajo,” ungkapnya.

Admin.

Example 300250
Example 120x600