Abdul Rachmat Noer, Sosok Bakal Calon Wali Kota Makassar Periode 2020-2025

 Abdul Rachmat Noer, Sosok Bakal Calon Wali Kota Makassar Periode 2020-2025

MAKASSAR,POROSMAJU.com—Bakal calon Wali Kota Makassar periode 2020-2025, Abdul Rachmat Noer merupakan salah satu figure dari kalangan praktisi ekonomi. Rachmat Noer, lahir di Makassar 31 Juli 1967, dari pasangan H. Taufik Mandja dan Hj. Sitti Nur Dewi.
Kedua orang tua berasal dari daerah penghasil garam, Kabupaten Jeneponto. Lahir sebagai anak kedua dari 2 bersaudara. Jenjang pendidikan dilalui di Makassar sejak bangku SD hingga perguruan tinggi. SD dan SMP di PPSP IKIP Ujung Pandang kemudian melanjutkan sekolah di SMAN 2 Makassar. Tamat dari SMA kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Hasanudin (Unhas) melalui jalur bebas test.
Setelah menyelesaikan kuliah di Fekon Unhas tahun 1991, diterima bekerja sebagai staf di PT. Semen Tonasa tahun 1992. Jenjang karir di PT Semen Tonasa dimulai sebagai Tenaga Ikatan Kontrak. Kemudian mendapatkan banyak penugasan di perusahaan.
Mencapai puncak karir sebagai General Manager of Marketing pada tahun 2009 di usia 42 tahun. Sebuah usia yg tergolong masih muda untuk jabatan GM pada masa itu.
Jabatan yang pernah diemban di PT Semen Tonasa diantaranya Kepala Departemen Pemasaran, Kepala Departemen  Perencanaan dan Pengembangan Pemasaran. Juga Ketua Koperasi Karyawan Semen Tonasa, Staf Utama Dirut Bidang Marketing, GM of Sales, dan terakhir sebagai GM of Human Capital and General.
Prestasi yang pernah diraih ketika menjadi Ketua Koperasi Karyawan Semen Tonasa adalah meraih sebagai Koperasi terbaik tingkat Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, Koperasi terbaik Nasional sekaligus meraih Koperasi Award dari Kementrian Koperasi dan UMKM pada tahun 2014.
Pada tahun 2015 di bawah kepemimpinan Rachmat Noer, Koperasi Karyawan Semen Tonasa meraih penghargaan dari PT Semen Indonesia sebagai anak perusahaan dengan kinerja keuangan terbaik.
Prestasi dan penghargaan yang diperoleh Rachmat Noer tidak lepas dari jiwa kepemimpinan yang dimilikinya. Mulai terbentuk sejak masih dibangku SMA aktif di berbagai organisasi menempa bakat dan jiwa Leadershipnya semakin kuat.
Tidak hanya itu, juga dimasa kuliah, Rachmat banyak menghabiskan waktu mengurusi Organisaai baik intra maupun ekstra kemahasiswaan. Kesenangannya berorganisasi sampai saat ini terus dijalaninya.
Abdul Rachmat Noer memiliki seorang istri dan 5 orang putera puteri. Istrinya, Dr. Hj. Hidajah Ide Said, M.Kes, SpKJ, puteri seorang tokoh pendidikan Sulsel, Prof. Dr. H. M. Ide Said DM, MPd, berasal dari Kabupaten Bone. Kedua mertua Rachmat berasal dari Kecamatan Mare Bone.
Sejak masa SD hingga saat ini Rachmat berteman dengan semua golongan dan ras, tidak membedakan temannya karena perbedaan ras, suku dan agama. Sejak kecil bersahabat dengan teman-teman berbagai etnik nusantara.
Dari pengalaman masa lalu ini membentuk pribadi Rachmat sebagai seorang yang egaliter dan menerima perbedaan.
Admin
 

 

Related post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *