Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

Pesan Prof Irwan Akib untuk Wisudawan Unismuh: Jangan Jadi Malin Kundang!

2
×

Pesan Prof Irwan Akib untuk Wisudawan Unismuh: Jangan Jadi Malin Kundang!

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

 

MAKASSAR,POROSMAJU – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel Prof Irwan Akib memberikan Amanah dalam Wisuda ke-75 Unismuh Makassar sesi kedua. Wisuda sesi kedua digelar di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah Kamis, 24 Februari 2022

Example 300x600

Dalam amanahnya, ia berpesan agar wisudawan tidak menjadi Malin Kundang. Cerita Malin Kundang berasal dari provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Legenda Malin Kundang sendiri menceritakan tentang seorang anak yang durhaka dan dikutuk menjadi batu.

Prof Irwan Akib meminta agar para wisudawan tidak melupakan jasa orang tua, dan orang-orang yang telah memberikan kontribusi sehingga mereka bisa meraih gelar sarjana.

“Jangan lagi lahir Malin Kundang baru dari Universitas Muhammadiyah Makassar. Orang tua anda, saudara anda, dan Universitas Muhammadiyah yang telah membesarkan anda, jangan sampai Anda menghianati semua itu. Mungkin di luar sana anda melihat sesuatu yang lebih bagus, kemudian Anda menghianati orang atau lembaga yang telah menopang perjalanan Anda,” pesan Irwan Akib

Ia juga memberikan pesan khusus kepada wisudawan terbaik Unismuh, Nurmuliasari, agar melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri. Apalagi sebagai wisudawan terbaik, Nurmuliasari akan mendapatkan dukungan pembiayaan dari Unismuh untuk melanjutkan Pendidikan S2.

“Lulusan terbaik kita kali ini menempuh Pendidikan 3 tahun 6 bulan. Saya pesankan supaya lanjut S2 ke luar negeri, apalagi kemarin lulus dari Program Internasional di Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh,” ungkap Mantan Rektor Unismuh Makassar ini.

Kutipan Inspiratif

Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah VIII Prof Hamdan Juhannis memotivasi mahasiswa dengan menyampaikan dua kutipan inspiratif (quotes) yang dibuatnya pekan ini. Rektor UIN Alauddin ini kerap membuat quotes untuk media sosial.

Kutipan yang pertama dari Hamdan, “Ada yang mengatakan hidup ini sebagai roller coaster. Ada juga yang mengatakan bahwa hidup ini seperti air mengalir. Ada yang menerjemahkan bahwa hidup ini sebagai kesempatan. Artinya hidup ini bergerak.”

Pertanyaannya, lanjut Hamdan, sejauhmana kehidupan bergerak ke arah yang bermanfaat. “Sesudah wisuda ini, jangan langsung pulang tidur. Tapi bangunlah mimpi. Bagaimana kalian bisa memberi manfaat dengan ilmu yang dimiliki. Mimpi itu seharusnya saat kita bangun,” ungkap Alumni Program Doktor dari Australian National University (ANU) ini.

Hamdan juga melanjutkan kutipan kedua, “Satu hal yang mengalahkan kecerdasan, adalah kecanduan. Orang cerdas sering tidak bisa memfungsikan kecerdasan karena terpengaruh candu perilaku-perilaku negatif.”

Ia mencontohkan, ada orang cerdas, tapi suka bohong. Saat berbohong, orang tersebut kehilangan kecerdasannya. “Ada mahasiswa yang hebat, tapi tidak bisa lepas dari candu tidur sesudah salat subuh. Itu juga untung kalau salat Subuh,” ungkap Hamdan, disambut tawa wisudawan.

Antisipasi Revolusi Industri

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung dalam sambutannya menyampaikan agar para alumni menguasai keterampilan digital dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.
“Kepada para alumni diharapkan pengembangan digitalisasi dan keterampilan lainnya berkaitan dengan antisipasi perkembangan teknologi kedepan. Alumni diharapkan menjadi bagian penting dari sumber daya muslim kedepan,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Ketua BPH Unismuh Makassar ini menyampaikan bahwa Muhamamdiyah pada abad kedua ini, perlu mengantisipasi revolusi industry 4.0, dengan melakukan adaptasi dan penyesuaian. Salah satunya dengan mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Namun Gagaring mengingatkan agar alumni Pendidikan Muhammadiyah tetap berpijak pada nilai Tauhid, akhlak dan tajdid.

Example 300250
Example 120x600