Menaksir Biaya Pemeriksaan Kesehatan Calon Kontestan Pilgub Sulsel

ilustrasi (warta kesehatan)

POROSMAJU.COM, MAKASSAR– Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Misna M Hatta, mengungkapkan, biaya pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel dibayarkan bedasarkan indeks harga dariĀ  Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Jumlah besaran biaya yang harus dikeluarkan, ungkapnya, sebanyak Rp6,5 juta untuk satu orang calon dengan jenis kelamin laki-laki.
“Jadi biaya itu indeks harga yang telah dihitung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sulsel,” ujarnya.
Seluruh biaya pemeriksaan awal tersebut kemudian ditanggung oleh KPU Sulsel. Lebih lanjut, Misna menjelaskan, KPU tidak menanggung penanganan lanjutan atas hasil pemeriksaan calon.
“Kecuali setelah proses pemeriksaan, kemudian ada penyakit yang harus ditindaklanjuti oleh dokter untuk penyembuhan, maka itu akan ditanggung masing-masing calon, tidak ditanggung KPU,” ujarnya.
Seperti yang dijelaskan, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulselbar, Dr. Muhammad Ichsan Mustari, pemeriksaan meliputi tiga hal, yaitu pemeriksaan fisik, psikologi, dan pemeriksaan penyelagunaan narkoba.
“Jadi secara umum pemeriksaan kesehatan itu ada tiga, pemeriksaan fisik, pemeriksaan psikologi, dan pemeriksaan penyalagunaan narkoba,” ungkapnya.
Tujuan pemeriksaan kesehatan diakui Ichsan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik maupun psikis, serta mengetahui hal-hal yang dapat mengganggu calon dalam melaksanakan tugas jika terpilih.
“Ini untuk mengetahui kemampuannya, menilai kemampuan mereka apakah mereka mampu melaksanakan tugasnya selama lima tahun,” ujarnya.
Untuk pemeriksaan fisik, Ichsan menjelaskan bahwa banyak item yang diperiksa.
“Jadi pemeriksaan fisik itu, ada penyakit dalam, paru, jantung, nerologi, penyakit mata, THT, dan lain-lain,” katanya.
Soal hasil, pihak IDI Sulselbar tidak berhak mengumukan karena hasil tersebut akan diserahkan lansung kepada pihak KPU. KPU kemudian yang akan memgumukan kepada publik. Dalam pelaksanaan pemeriksaan, Ichsan mengaku tidak ada kendala karena semua sesuai dengan standard dan prosedur.
Jumlah bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel saat ini sebanyak empat pasangan. Semuanya berjenis kelamin laki-laki. Jadi, jika biaya percalon laki-laki Rp6,5 juta untuk satu orang, maka jumlah biaya yang harus dikeluarkan KPU sebanyak Rp52 juta.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *