Example 728x250
Olahraga

Kiprah Busi di Barcelona

6
×

Kiprah Busi di Barcelona

Share this article
Example 468x60

POROSMAJU.com – Barcelona sungguh beruntung memiliki pemain lini tengah seperti Sergi Busquest. Pemain jebolan La Masia ini awalnya bergabung bersama Barcelona B sejak tahun 2007 dan bermain selama satu tahun. Bersama Barcelona B, Busquest bermain sebanyak 32 kali dan mencetak satu gol.
Pada tahun 2008, Busquest berhasil naik tingkat ke skuad utama Barcelona. Sejak saat itu ia dipercaya untuk mengisi pos utama di lini tengah, dan banyak raihan gelar telah ia kecap bersama Barca. Sementara karirnya di Timnas Spanyol bermula pada tahun 2009. Busquets masuk dalam skuad La Furia Roja saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.
Saat bergabung bersama Barcelona pada tahun 2008, posisi pemain bernomor punggung 5 ini seringkali berpindah posisi. Namun, dalam waktu singkat ia dapat menunjukkan kemampuannya sebagai pemain gelandang bertahan yang dimiliki Barcelona dan Timnas Spanyol.
Mantan rekan setimnya, Xavi, yang kini bermain di Qatar, mengatakan mereka yang melihat dari jauh mungkin tak mengapresiasi apa yang dilakukan Busi di lapangan, namun yang bermain dengannya akan tahu bahwa dia unik.
Beberapa tahun sebelumnya, pada tahun 2005, ia menjadi salah satu pemain muda FC Barcelona yang berhasil mencetak enam gol. Dua tahun kemudian, ia dipromosikan untuk bergabung dengan tim B di bawah asuhan Pep Guardiola. Dan pada musim yang sama ia tampil pertama kali di depan publik sebagai pemain pengganti pada pertandingan Catalonia Cup.
Pada tanggal 13 September 2008, ia tampil pertama kali untuk pertandingan La Liga. Saat itu Barcelona menang 1-0 atas Racing de Santander dan menjadi gol pertama Busi di skuad utama Barcelona. Gol kedua Busi di skuad inti tercipta saat melawan FC Basel pada pertandingan UEFA Champions League.
Pada tahun yang sama pada bulan Desember tanggal 22, ia menandatangani kontrak perpanjangan sampai tahun 2013 dengan Barcelona. Pada tahun berikutnya tanggal 7 Maret, ia berhasil mencetak gol pertamanya pada tahun tersebut ketika bertanding melawan Athletic Bilbao.
Busquest dan ayahnya, Charles Busquest adalah pasangan ayah dan anak yang ketiga yang berhasil memenangkan kompetisi antar klub-klub besar Eropa yang bermain pada klub yang sama. Saat itu, Busquest berhasil menyumbangkan gol dan berbuah kemenangan saat melawan Manchester United.
Pada 27 Januari 2011, ia kembali menandatangani perpanjangan kontrak bersama Barcelona sampai tahun 2015.
Penghargaan pertamanya untuk Tim Nasional Spanyol U-21 ia dapati pada tanggal 11 Oktober 2008 saat bermain pada pertandingan kualifikasi babak pertama UEFA U-21. Pada 11 Februari 2009, Busi menjadi salah satu pemain tim senior untuk pertandingan persahabatan melawan Inggris.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *