Example 728x250
Berita

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN Lakukan Asesmen Lapangan di Kedokteran Unismuh Makassar

7
×

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN Lakukan Asesmen Lapangan di Kedokteran Unismuh Makassar

Share this article
Example 468x60

POROSMAJU.COM, MAKASSAR – Program Studi S1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menerima kunjungan Tim visitas lapangan dari lembaga akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) pada Selasa, 26 September 2023 di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin Makassar.

ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional untuk bidang ilmu teknik, ilmu pengetahuan alam, matematika, ilmu komputer, kedokteran, dan ekonomi. Sertifikat akreditasi ASIIN diberikan kepada program studi yang memenuhi kriteria akademik dan profesional pada bidang keilmuan terkait.

Example 300x600

Untuk memeroleh sertifikat ASIIN, program studi harus memenuhi syarat penyelenggaraan pendidikan dan proses belajar-mengajar yang berorientasi learning outcome, mengacu standar European Qualifications Framework for Life-long Learning (EQF LLL).

Ada 4 orang yang tergabung dalam tim asesor sebagai perwakilan dari ASIIN, yaitu Prof. Thomas Reinheckel, MD, Ms. Anika Biel, MD, Mr. Christian Daniels, Dr. Gita Vita Suraya dan Muhamnmad Adam Tri Yoga, S.Ked.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut, Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani As’ad menyampaikan selamat datang kepada para asesor. Ia juga menyampaian apresiasi atas dukungan Pimpinan Unismuh dalam proses akreditasi internasional tersebut.

Menurut Suryani, pihaknya mengaku banyak berbenah dalam persiapan akreditasi ASIIN. Ia percaya, pembenahan di lembaga pendidikan kedokteran, bakal menghasilkan dokter-dokter berkualitas pada masa-masa mendatang.

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, memaparkan Visi – Misi Makassar, hingga Roadmap pengembangan Unismuh Makassar hingga tahun 2044.

Pada tahap pertama, kata Ambo Asse, Unismuh menargetkan mencapai akreditasi Unggul dan bereputasi nasional (Excellent and National Reputable University) pada periode 2020-2024.

Tahap kedua, lanjutnya, adalah fase menuju universitas riset dan bereputasi internasional. Riset (Toward Research and International Reputable University) pada 2024-2028.

Nakhoda Unismuh itu melanjutkan, pada tahap ketiga yakni universitas bereputasi internasional (International Reputable University) pada 2028 hingga 2032.

Fase selanjutntya, tahap keempat, Universitas Riset (Research University) pada 2032-2036. Tahap kelima, menuju Edupreneurship University pada periode 2036-2040. Terakhir, tahap keenam, Unismuh menargetkan menjadi Edupreneurship University pada periode 2040-2044.

Akreditasi internasional yang dilalui Prodi S1 Kedokteran dan Program Profesi Dokter merupakan rangkaian dari perjalanan mencapai Road Map Unismuh 2044.

Dalam pembukaan ini, hadir Anggota Badan Pembina Harian Unismuh Prof Budu, Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi, tampak pula Mantan Dekan FK Unismuh Dr Mahmud Ghaznawi. Para wakil dekan, dosen dan mahasiswa FKIK Unismuh juga hadir menjadi saksi dalam momen penting itu.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pertemuan tim asesor dengan Pimpinan Universitas. Dalam agenda ini, tim asesor melakukan tanya jawab terkait pengembangan lebih lanjut dari universitas, posisi program dalam konteksnya dari universitas, profil dari program, serta aspek lain di tingkat universitas.

Setelah itu, agenda akan dilanjutkan dengan asesmen lapangan di Prodi S1 Kedokteran dan Program Profesi Dokter. Dalam sesi ini, tim asesor bakal melakukan tanya jawab terkait tujuan pendidikan, kurikulum, program studi, dan cara pengajaran.

Selanjutnya, tim asesor masih akan melakukan beberapa pertemuan dengan perwakilan prodi, staf laboratorium, serta institusi yang menjadi mitra Kedokteran Unismuh. Kunjungan akreditasi internasional ASIIN berlangsung selama dua hari, Selasa – Rabu, 26 – 27 September 2023.

Example 300250
Example 120x600