Example 728x250
Berita

Program Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) Unismuh Makassar dan UMPare-pare beri bantuan Peralatan bagi Petambak Garam di desa Bulu Cindea Pangkep

6
×

Program Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) Unismuh Makassar dan UMPare-pare beri bantuan Peralatan bagi Petambak Garam di desa Bulu Cindea Pangkep

Share this article
Example 468x60

POROSMAJU.COM, PANGKEP– Desa Bulu Cindea, yang terletak di pesisir Kabupaten Pangkep, mengalami kemajuan yang signifikan berkat program Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dengan SK 0557/E5.5/AL.04/2023.

Melalui PDB, yang merupakan bagian dari Pendanaan Program Penelitian dan Pengabdian Tahun 2023, masyarakat desa ini merasakan dampak positif pada sektor petambak garam mereka.

Example 300x600

PDB adalah hasil kolaborasi yang dibiayai oleh Kemdikbudristek melibatkan tim pelaksana pengabdian dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar).

Tim Unismuh terdiri dari Dr. Rahmi, dr. Juliani Ibrahum, Dr. Abd. Rakhim Nanda, dan Asriyanti Syarif. Sedangkan tim Umpar Fitri Indahyani. Program ini direncanakan berlangsung selama tiga tahun, dari 2023 hingga 2025, dan berfokus pada upaya pemberdayaan masyarakat desa dalam sektor perikanan dan kesehatan lingkungan.

Dr. Rahmi, koordinator pelaksana PDB, menjelaskan bahwa wilayah pesisir Bulu Cindea memiliki potensi besar dalam meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir di Desa Bulu Cindea.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kami memberikan pendampingan dalam berbagai aspek, mulai dari pengelolaan garam hingga pengelolaan sampah dan permasalahan kesehatan lingkungan,” ungkap Rahmi saat ditemui di lokasi pendampingan, Jumat, 20 Oktober 2023.

Melalui program ini, tim PDB memberikan bantuan berupa peralatan penghalus garam dan pengering garam kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Amanah Mandiri di Desa Bulu Cindea. Dosen-dosen dari Unismuh Makassar menekankan bahwa penyediaan peralatan ini dapat menjadi dorongan bagi pengembangan kelompok petambak garam di Desa Bulu Cindea, membawa kesejahteraan kepada masyarakat desa, dan mendukung pengembangan produk garam yang memiliki nilai ekonomis di pasaran.

Program PDB ini memberikan contoh nyata tentang bagaimana kerjasama antara lembaga pendidikan dan masyarakat dapat memicu perkembangan ekonomi dan kesejahteraan lokal. Diharapkan bahwa melalui upaya ini, Desa Bulu Cindea akan terus mengalami pertumbuhan dan mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin menghalangi kemajuan mereka.

Example 300250
Example 120x600