Example 728x250
Berita

Mahasiswa UMSi KKN-T di Desa Bontobulaeng, Sampaikan Jaga Nama Baik Kampus

6
×

Mahasiswa UMSi KKN-T di Desa Bontobulaeng, Sampaikan Jaga Nama Baik Kampus

Share this article
Example 468x60

POROSMAJU.COM, BULUKUMBA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) menggelar Seminar Program Kerja (Proker) di Gedung Serba Guna Jera Lompoa Desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa, Selasa 19 Desember 2023.

KKN-T tersebut mengangkat tema “Pemberdayaan Generasi Unggul, Integrasi Penanganan Stunting, Enterpreneur, dan Penanaman Nilai-nilai Keislaman” yang berlangsung mulai tanggal 13 Desember 2023 – 13 Februari 2024.

Example 300x600

KKN-T ini merupakan salah satu Program dari Institusional Support System (ISS) dan Program Kompetisi – Kampus Merdeka yang ditempatkan di Desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

Abd. Wahid, S.Sos., M.Ap selaku Dosen Pembimbing dalam seminar mengatakan mahasiswa KKN-T perlu menjaga nama baik kampus atau almamater di Desa Bontobulaeng selama dua bulan kedepan.

“Proker KKN-T dilaksanakan dengan sederhana tapi bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat desa khususnya Bontobulaeng,” kata Abd. Wahid.

Rais H. Abd Salam, S.M selaku Kepala Desa (Kades) Bontobulaeng mengatakan umsi sudah sangat dikenal bagi kami di Desa karena hampir setiap tahun mahasiswa-mahasiswi dari kampus umsi selalu ditempatkan di Bontobulaeng.

“Mengenai program stunting, yang dimana Pemerintah Desa juga programkan ini dan mari kita berkolaborasi dengan pemerintah untuk penanganan stunting di Bontobulaeng,” ucap Kades Bontobulaeng sekaligus menerima seminar secara resmi.

Abd Salam kembali menambahkan ialah program nilai-nilai keislaman perlu juga dilaksanakan di Bontobulaeng diantaranya berzikir guna meningkatkan keimanan masyarakat desa dalam menjalankan ibadah sehari-hari.

Adapun Proker Mahasiswa KKN-T UMSi untuk Desa Bontobulaeng diantaranya Penyuluhan Stunting dan Kolaborasi dengan PKK Bontobulaeng guna menyalurkan asupan gizi kepada ibu hamil dan masyarakat.

Proker selanjutnya ialah, Seminar pemanfaatan limbah sampah, pemanfaatan bank sampah dan pengajian rutin sekaligus penanaman nilai-nilai kemuhammadiyahan.

Seminar Proker ini dihadiri Aparat Desa Bontobulaeng, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan juga Desa Bontobulaeng terdiri dari empat Dusun diantaranya Dusun Bontobulaeng, Tappalang, Pumpikatu, Serre dan Mattunggaleng.

Sekadar diketahui, Penempatan Posko KKN-T Kecamatan Bulukumpa ini berada di lima Desa diantaranya Balangpesoang, Barugae, Bontobulaeng, Baruga Riattang, Balangtaroang.

Example 300250
Example 120x600