Example 728x250
Berita

Manggala Banjir, Camat Koordinasi Lintas Sektoral

7
×

Manggala Banjir, Camat Koordinasi Lintas Sektoral

Share this article
Example 468x60

Kondisi banjir di Kawsan Manggala, Makassar 9Sumber: makassartribunnews.com)

POROSMAJU.COM, MAKASSAR – Saban hari di hampir sepanjang pekan ini, Makassar terus hujan. Tidak terkecuali di kawasan Manggala. Ini berakibat sejumlah wilayah terendam air, seperti di kawasan Swadaya Mas, Toa Daeng III, dan Bonto Bira.
Camat Manggala, Anshar, mengakui ketiga lokasi tersebut memang rawan banjir. Penyebab lainnya adalah luapan air dari kanal dan waduk. Diakuinya, intensitas hujan yang cukup tinggi ditambah air pasang menjadi penyebab terjadinya luapan air.
“Memang ketiga lokasi itu terbilang rawan terendam air karena merupakan daerah resapan air atau daerah persawahan,” kata Camat Anshar, Rabu, 20 Desember 2017.
Sejak Rabu pagi ini, Anshar beserta lurah dan ketua RT/RW ketiga lokasi tersebut memantau lokasi rendaman air. Langkah lain, Anshar juga mengaku telah berkordinasi lintas sektoral dengan sejumlah instansi.
“Seluruh kordinasi yang dilakukan untuk meminta bantuan dari dinas terkait sesuai tupoksi masing – masing,” jelas Camat Anshar.
Instansi tersebut adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk menanggulangi rendaman air di tiga lokasi itu.
Anshar mengungkapkan, koordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu dibutuhkan dapur umum di tiga lokasi itu. Sementara itu, BPBD dibutuhkan jika ada warga yang membutuhkan evakuasi dari rumah ke lokasi yang lebih aman.
Sejauh ini, lanjut Camat Anshar, kordinasi yang dilakukan berjalan baik. Seluruh instansi terkait menyatakan kesiapannya jika sewaktu – waktu dibutuhkan bantuannya (*)
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *