Example 728x250
Berita

7 Kunci ini Bikin Tulisanmu Berkualitas dan Dimuat Media

7
×

7 Kunci ini Bikin Tulisanmu Berkualitas dan Dimuat Media

Share this article
Example 468x60

7 Kunci ini Bikin Tulisanmu Berkualitas dan Dimuat MediaPOROSMAJU.COM, MAKASSAR- Forum Lingkar Pena [FLP] Ranting Unismuh menghelat kegiatan Sekolah Menulis yang bertempat di gedung Iqra B lantai 2 Unismuh Makassar, Sabtu 10 Maret 2018.
Dalam kegiatan tersebut, hadir Fachri Djaman yang juga merupakan Jurnalis Makassar Terkini. Ia hadir untuk membagikan pengalaman menulisnya, tentang bagaimana kiat-kiat menembus media.
Ada tujuh kunci yang membuat tulisan berkualitas dan berpotensi dimuat media, papar Fachri.
Penggagas Pecandu Aksara tersebut juga menyebutkan terdapat tujuh kunci dalam menulis. Ia menggunakan istilah seven tools.
Pertama, logis. Tulisan seseorang hendaklah rasional, berbasis fakta, didukung data. Kedua, psikologis. Tulisan seseorang haruslah memertimbangkan efek psikologis dan gejolak emosi pembacanya.
“Ketiga, sosial. Tulisan seseorang sebaiknya memerhatikan potensi muncul pro-kontra serta dapat memainkan irama naskah berita dan sukses dibaca banyak orang. Keempat, histori. Jurnalis yang berpengalaman pastilah membandingkan peristiwa terkini dengan masa lalu atau peristiwa serupa yang pernah terjadi di negara lain,” ia menguraikan.
Kelima, katanya lagi adalah words. Diksi, gaya bahasa, pilihan kata, rangkaian kalimat haruslah sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai dengan PUEBI [Pedoman Umum Ejaan Bahasa indonesia red.], bukan mengandalkan perasaan. Keenam, analitik. Maksudnya, penulis dan jurnalis wajib hukumnya mencari tahu mencari tahu, menggali informasi, menganalisis apa yang melatarbelakangi terjadinya suatu peristiwa secara mendalam.
Ketujuh, balancing. Unsur keseimbangan di sini adalah tidak boleh ada pernyataan yang menyimpulkan. Dalam menulis berita, lebih aman memakai kata diduga, tuturnya ramah di hadapan sekitar 25 orang.
Fachri Djaman juga menjelaskan beberapa strategi menulis berita yang berpotensi viral.
“Mengingat segmentasi pembaca yang luas, ia menyarankan untuk mencari informasi apa yang dibutuhkan oleh orang. Caranya, dengan memahami kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat di kehidupan sehari-hari,” tambahnya.
Cara lain, katanya lagi adalah dengan meliput peristiwa atau fenomena yang unik dan membuat orang lain penasaran. Dalam hal ini, perlu membuat judul berita atau artikel yang seksi.
“Jangan lupa di bawah berita atau artikel tersebut ditulisan pernyataan; jika Anda merasa informasi ini menarik dan bermanfaat, maka silakan Anda share, pungkasnya.
Strategi menulis berita viral lainnya adalah membuat artikel yang out of the box. Angkatlah tema atau hal yang jarang dibicarakan oleh orang lain. Dalam setiap paragraf yang ditulis, berikan unsur edukasi kepada pembaca.
Pelatihan yang dimulai pukul 14.30 WITA hingga usai asar ini benar-benar memikat audiens. Hadirin tampak antusias serta tekun mencatat, mendengarkan, dan menyimak penjelasan Fachri Djaman. Saat sesi diskusi dibuka, banyak sekali yang ingin bertanya, sehingga membuat sang Pemateri kewalahan menanggapinya.
Pelatihan ini sangat mengedukasi. Banyak ilmu yang bisa dipetik. Terpenting adalah kebersamaan dan kekompakan sehingga tetap selalu bersemangat dan memotivasi, komentar Pendekar Samudera, salah satu peserta Sekolah Menulis (DA).

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *