Example 728x250
Berkhas

Finlandia Ditetapkan sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia?

11
×

Finlandia Ditetapkan sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia?

Share this article
Example 468x60

Finladia Ditetapkan sebagai Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia? POROSMAJU.COM, Hari Bahagia Sedunia ditetapkan pada tanggal 28 Juni 2012 oleh Majelis Umum PBB hasil dari upaya penasehat PBB Jayme Illien. Untuk pertama kalinya, Hari Bahagia Sedunia diperingati pada tahun 2013.
Pada 2015, PBB meluncurkan 17 faktor pengembangan berkelanjutan untuk mengatasi kemiskinan, mengurangi ketidakadilan, dan melindungi bumi. Mereka yakin bahwa tiga aspek tersebut akan membantu mencapai kebahagiaan manusia di seluruh dunia.
Latar belakang dibuatnya peryaaan Hari Bahagia Sedunia adalah upaya PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) untuk mengubah pola pikir masyarakat dunia tentang perekonomian, yang selama ini menganggap bahwa orang kaya adalah orang yang ekonominya bagus.
Namun ternyata tidak seperti itu, PBB ingin menanamkan pemikiran bahwa, ekonomi dinilai bukan dari kekayaan, melainkan dari kebahagiaan dan kesejahteraan.
Hal tersebut yang mendasari munculnya Hari Bahagia Sedunia yang diperingati tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Ini dibuktikan oleh negara Nordik yang beribukota di Helsinki, Finlandia.
Dilansir dari CNN Indonesia, Badan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN) menetapkan Finlandia sebagai negara paling bahagia pada tahun ini. Finlandia berhasil mengalahkan 156 negara lain dalam daftar tahunan tersebut.
SDSN menilai Finlandia unggul di sejumlah faktor penentu kebahagiaan suatu negara, yakni tingginya harapan hidup, keadilan sosial, dan perhatian pemerintah.
Selain untuk warga negara Finlandia, ketiga faktor tersebut juga dirasakan oleh para imigran yang datang ke sana. Penilaian terhadap imigran resmi dilakukan pada tahun ini.
Finlandia berhasil menggeser Norwegia yang menempati peringkat teratas dalam daftar tersebut pada tahun lalu. Tahun ini, Norwegia berada di posisi kedua.
Selain Finlandia dan Norwegia, peringkat sepuluh besar dalam daftar negara paling bahagia di dunia juga ditempati oleh Negara Nordik lainnya, yakni Denmark (ketiga), Islandia (keempat), dan Swedia (kesembilan).
Sementara itu, Amerika Serikat (AS) turun empat peringkat ke posisi ke-18 setelah tahun lalu berada di posisi ke-14.
Negara yang berada di atas peringkat AS ialah Jerman (ke-15), Costa Rica (ke-13), Israel ke-11) dan Australia (ke-10).
Sedangkan Indonesia berada di posisi ke-96, tepat di atas posisi Bhutan dan di bawah posisi Vietnam. Tiga negara tetangga Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand bisa dibilang jauh lebih bahagia, karena masing-masing berada di posisi ke-35, ke-34, dan ke-46.
Finlandia bisa dibilang kalah populer dibandingkan Swedia, Norwegia, dan Denmark. Tapi di negara seluas 338 ribu kilometer persegi ini, memang jarang terdengar terjadi konflik berdarah.
Berikut daftar 10 negara paling bahagia di dunia pada tahun ini:
1. Finlandia
2. Norwegia
3. Denmark
4. Islandia
5. Swiss
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Swedia
10. Australia
Selamat Hari Bahagia Sedunia 2018!

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *