Example 728x250
Berita

Usai Dapat Rekomendasi Gerindra, Agus-Tanribali Bicara Perencanaan Program untuk Sulsel

6
×

Usai Dapat Rekomendasi Gerindra, Agus-Tanribali Bicara Perencanaan Program untuk Sulsel

Share this article
Example 468x60

Agus Arifin Nu'mang dan Tanribali Lamo (sumber: facebook)
Agus Arifin Nu’mang (kanan) dan Tanribali Lamo (kiri) (sumber: facebook)

POROSMAJU.COM, MAKASSAR, Pasangan Cagub dan Cawagub Sulsel, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo secara resmi mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra. Meski pasangan Agus-Tanribali saat ini baru memiliki 11 kursi, akan tetapi pasangan tersebut mulai mencuat untuk menjadi salah satu pasangan yang memiliki titik terang untuk maju di Pilgub Sulsel.
Selepas penyerahan rekomendasi dari dukungan dari Partai Gerindra, Agus-Tanribali mengungkapkan hal-hal yang akan dilakukan jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel
“Pertama, saya akan melanjutkan beberapa program-program yang pas untuk Sulawesi Selatan,” ujar Agus kepada awak media, Kamis malam, 4 Januari 2018.
Sebagai Wakil Gubernur selama hampir sepuluh tahun, dan pernah menjadi ketua DPRD Sulsel, Agus tentunya sudah paham betul bagaimana kondisi Sulsel. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pasangan Agus-Tanribali untuk maju di Pilgub Sulsel.
“Jadi program-program yang selama ini kita lakukan tentang kesehatan, pendidikan, tentang program-program yang bersentuhan dengan ekonomi, khususnya kelompok ekonomi UKM dan masyarakat miskin. Ini yang menjadi prioritas kita,” kata Agus.
Selain itu, Agus juga memiliki program khusus untuk mengatasi kesenjangan pembangunan di Sulsel. Hal ini dirumuskan Agus-Tanribali dengan peningkatan daerah di Sulsel.
“Ada tiga pengembangan kawasan, gunung Latimojong, Bulusaraung, Bawakaraeng, dua perairan yaitu Selat Makassar dan Laut Sulawesi,” ujar Agus.
Daerah-daerah yang berada dalam lingkup tersebut menjadi prioritas pembangunan untuk kedepannya.
“Program ini yang nanti kita harapkan akan menyelesaikan ketimpangan antar wilayah dengan tetap menjaga momentum pertumbuhan ekonomi agar Sulawesi Selatan tetap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” katanya lebih lanjut.
Selain berpengalaman di wilayah eksekutif dan legislatif, pasangan yang menjadi wakil Agus, Tanribalo Lamo, juga memiliki pengalaman sebagai PLT Gubernur, berpengalaman di militer, dan sebagai kepala Dirjen Kesbampol di Kementrian Dalam Negeri. Hal ini memiliki nilai positif tersendiri bagi pasangan calon ini.
Agus juga menyinggung persoalan perekembangan perekonomian Sulsel yang cukup tinggi sehingga menjadi nilai tambah untuk kemajuan Sulsel. Provinsi Sulsel bahkan menjadi pilar pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur.
“Kedepannya tidak lagi menjadi pilar, kami mau menjadi pusat pertumbuhan. Jadi Sulawesi Selatan kami ingin sejajar dengan Jawa Timur, Jawa Barat,” ungkap Agus.
Pertumbuhan perekonomian Sulsel baru-baru ini memang menjadi perhatian banyak pihak, hal ini terkait data BPS yang menyebutkan pertumbuhan perekonomian Sulsel yang di atas rata-rata nasioanal, akan tetapi angka kemiskinan di Sulsel, justru mengalami peningkatan.
Sebelumnya, pakar ekonomi  Universitas Hasanuddin, Anas Iswanto Anwar, mengkritik pemerintahan SYL-Agus yang menganggap pertumbuhan ekonomi Sulsel merupakan pertumbuhan ekonomi yang tidak sehat karena hanya dinikmati kalangan tertentu saja.
“Berbahaya kalau mengacu ke pertubuhan ekonomi, tidak memikirkan orang miskin segala macam. Karena, tidak serta merta ketika pertumbuhan ekonomi juga tercipta kesempatan kerja yang secara otomatis mengurangi orang miskin,” ungkap Anas Rabu, 3 Januari 2018.
Pemerataan pembangunan juga menjadi menjadi tantang besar kepada siapapun  yang menjadi pimpinan di Provinsi Sulsel. Mengingat hampir seperti pertumbuhan perekonomian Sulsel disokong kota Makassar.
“Koordinasi itu ada di pemerintah provinsi, yang mengatur, membagi, karena berbahaya kalau terjadi ego regional, itu kan berbahaya. Makassar jalan sendiri, Gowa jalan sendiri, itu kan tidak bisa, harus dibingkai Sulsel,” ujar Anas.
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *