Example 728x250
Hiburan

Taman Kalong, Ikon Baru Kabupaten Soppeng

5
×

Taman Kalong, Ikon Baru Kabupaten Soppeng

Share this article
Example 468x60

Taman Kalong, Ikon Baru Kabupaten Soppeng
Taman Kalong

POROSMAJU.COM, SOPPENG- Kabupaten Soppeng kini memunculkan inovasi baru dengan mendirikan sebuah taman di tengah kota. Taman tersebut dinamakan Taman Kalong yang diresmikan langsung oleh Bupati Soppeng pada 13 Januari 2018.
Soppeng memang dikenal sebagai Kota Kalong (kelelawar) karena banyaknya kelelawar yang bergelantungan di pohon sepanjang kota Soppeng. Namun, saat berkunjung ke Soppeng, tempat yang paling familiar untuk mengambil gambar yaitu di pelataran Mes Tinggi.
Akan tetapi, setelah diresmikannya “Taman Kalong”, oleh warga maupun pengunjung kota Soppeng tempat ini dijadikan sebagai tempat melepas penat.
Ida, seorang warga mengaku bahwa kunjungannya ke Taman Kalong untuk membawa anak jalan-jalan.
“Anakku saya bawa jalan-jalan. Karena Ada juga taman bermainnya,” ujarnya saat ditemui di Taman Kalong.
Lain halnya dengan Saiful, niat kedatangannya ke Taman Kalong karena ingin nokrong  setelah seharian kerja.
“Mauji nongkrong-nongkrong dek. Capek dari kerja jadi ke sinimi duduk-duduk. Kebetulan rame juga,” tuturnya.
Di tempat itu, selain sebuah patung Kelelawar yang pada bagian depan bertuliskan “Tamang Kalong” juga terdapat air mancur. Pada malam hari, air mancur tersebut akan dioperasikan, kemudian diperindah dengan hiasan lampu yang menyinari air mancur.
Di dalam taman, ada banyak tempat duduk serta bangku taman yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas lelah. Selain itu, ada pula tiga gazebo yang juga bisa diakses secara gratis.
Jika pengunjung merasa haus dan lapar, di sekeliling taman ada pedagang kaki lima yang menyediakan  berbagai macam jajanan. Mulai dari camilan, minuman hingga makanan yang mengenyangkan.
Meski taman ini dibuka untuk umum, demi kenyamanan dan penjagaan fasilitas, pihak penjaga taman mengaku masih membatasi beberapa aktivitas di taman.
“Dilarang duduk di tulisan karena ditakutkan roboh ataukah lecet catnya. Rumput-rumput juga belum diinjak karena belumpi tumbuh baik,” kata Nuryamin, penjaga Taman Kalong.
Untuk mandi di bawah air mancur, Nuryamin mengaku bahwa hal itu bisa saja karena justru saat peresmian, Bupati Soppeng sendiri mandi di bawah air mancur. Hal ini kemudian diikuti oleh warga, terutama anak-anak.
Jika Anda berkunjung ke Soppeng dan belum puas dengan patung kelelawar di Taman Kalong, Anda bisa menyaksikan langsung kelelawar asli bergelantungan di pohon sekitar taman. (Arlin)
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *