Example 728x250
Hiburan

Hujan-hujan Enaknya Ditemani Ini

5
×

Hujan-hujan Enaknya Ditemani Ini

Share this article
Example 468x60

Hujan-hujan Enaknya Ditemani Ini
Ilustrasi (okefoods.com)

POROSMAJU.COM, Hari ketika hujan adalah hari orang-orang malas beraktivitas.  Kemalasan ini pun berbanding lurus dengan tingkat bertambahnya nafsu makan.
Berikut tawaran beberapa jenis makanan dan minuman yang cocok dinikmati selagi hujan-dingin masih bertengger di jendela kaca.
1. Menyeduh segelas teh panas atau secangkir kopi
Teh panas dipercaya dapat menghambat penyebaran virus karena virus berkembang di bawah suhu tubuh yang normal. Saat sedang kedinginan, segera seduhlah teh hitam atau pun teh hijau panas untuk melawan flu. Selain itu, bagi pecinta kopi, menikmati aroma kopi sambil memandangi hujan di halaman mampu membuat mood lebih baik.
2. Sup hangat yang dibuat dari kaldu ayam
Sup yang dikonsumsi selagi hangat dapat membantu memecahkan atau menipiskan lendir di dalam tubuh. Karbohidrat yang terkandung di dalam kaldunya akan meningkatkan energi, ditambah lagi dengan komposisi sayuran yang kaya akan antioksidan menjadi makanan sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Jangan lupa untuk membubuhkan lebih banyak bawang putih dan lada di dalamnya untuk meningkatkan sirkulasi, mencegah pembekuan darah, dan memberikan kehangatan yang kamu dambakan.
3. Mie instan
Meski mengonsumsi mie instan tidak sehat, tapi entah mengapa makanan ini sangat menggoda saat kondisi di luar rumah sedang turun hujan. Selagi masih mengepulkan asap, menikmati mie instan sambil menonton televisi bisa menjadi alternatif bersantai di hari yang hujan.
4. Wedang jahe
Jahe memiliki rasa pedas dan kualitas termogenik dari kombinasi dua senyawa tajam, yakni gingerol dan shogaol. Jahe dipercaya mampu meredakan sakit kepala dan masalah pencernaan, jahe juga bagus untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin.
Sebenarnya, mengunyah jahe mentah bekerja lebih efektif untuk menghangatkan tubuh karena mencerna makanan mentah dapat meningkatkan suhu tubuh untuk waktu yang lebih lama daripada makanan yang dimasak. Namun segelas wedang jahe juga bisa kamu seduh saat badanmu lagi kedinginan karena kehujanan.
5. Umbi-umbian
Sayuran akar dan umbi-umbian seperti kol, ubi jalar, labu, wortel, dan kentang adalah salah satu kelompok sayuran yang paling efektif untuk menghangatkan tubuh. Sayuran dan umbi-umbian ini memerlukan lebih banyak energi untuk diolah dalam tubuh daripada sayuran lainnya.
Kelompok sayuran ini juga diperkaya oleh vitamin A dan C, kalsium, kalium, serat, serta sedikit zat besi. Cocoknya hasil tanaman umbi-umbian ini bisa dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, dibakar atu dijadikan bubur.
7. Makanan pedas
Mengonsumsi makanan dengan seperti cabai merah mampu merangsang sistem peredaran darah yang menyebabkan sensasi hangat di seluruh tubuh. Ini semua berkat senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu capsaicin.
Cabai juga ditemukan berpotensi memiliki efek yang nggak main-main pada perasaan kenyang dan pemecahan lemak tubuh, makanya cabai pun berfungsi untuk menurunkan berat badan.
8. Minuman kayu manis
Untuk membuat wedang kayu manis, caranya cukup mudah. Rebus air kemudian diamkan dalam api kecil selama lima menit setelah memasukkan kayu manis. Biarkan air mendingin kemudian campurkan madu. Wedang kayu manis ini bisa dinikmati di saat hujan.
Sumber: hipwee.com
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *