Example 728x250
Hiburan

Atasi Rasa Malas dengan Cara Berikut!

8
×

Atasi Rasa Malas dengan Cara Berikut!

Share this article
Example 468x60

Atasi Rasa Malas dengan Cara Berikut!
Ilustrasi Rammang-rammang (weheartit.com)

POROSMAJU.COM, Cara mengatasi kemalasan bergantung penyebabnya yang juga bervariasi. Beberapa disebabkan oleh kegiatan sehari-hari yang monoton dan tidak diinginkan, tidak merasa ingin melakukan sesuatu, bahkan mungkin karena depresi.
Untuk melawan rasa malas, ada beberapa cara mengatasi rasa malas yang dapat Anda lakukan:
1. Olahraga
Rasa malas mungkin saja timbul karena Anda sulit fokus. Penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat membuat pikiran Anda fokus, termasuk untuk anak-anak dan lanjut usia (lansia).
Dengan pikiran yang lebih fokus dan mudah konsentrasi, Anda akan lebih bersemangat.
Rasa malas pun akan berangsur hilang. Kabar baiknya, kemampuan konsentrasi yang didapat dari olahraga dapat berlangsung dalam jangka panjang.
2. Meditasi
Untuk melawan rasa malas, tidak harus dengan meditasi dalam waktu yang lama. Latihan meditasi dalam jangka pendek asalkan rutin, diketahui dapat membuat Anda lebih mudah memusatkan perhatian.
Dengan meditasi, Anda bisa lebih tenang, dan akhirnya bisa mengelola perasaan dengan baik, termasuk membuang rasa malas.
3. Lawan rasa bosan
Kadang-kadang Anda salah mengartikan rasa bosan dengan rasa malas. Bosan berbeda dengan malas.
Orang yang malas merasa enggan melakukan apa pun, sementara orang yang bosan hanya enggan melakukan sesuatu yang menjadi sumber kebosanan, namun ada keinginan untuk melakukan hal lain yang berbeda.
Untuk mengatasinya, biarkan diri Anda merasakan kebosanan tersebut tanpa berusaha melakukan kegiatan selingan apapun yang dapat mengusir rasa bosan untuk sesaat.
4. Lakukan hal kecil
Cara mengatasi rasa malas lainnya adalah melakukan hal-hal kecil yang mungkin tampak remeh. Misalnya, merapikan rumah dan berjalan-jalan santai.
Hal-hal kecil seperti itu akan merangsang Anda untuk melakukan hal yang lebih besar, sampai akhirnya rasa malas dapat disingkirkan. Musuh besar rasa malas adalah bergerak aktif.
5. Jalani hobi Anda
Kesibukan sehari-hari seperti karena pekerjaan harusnya tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk menyempatkan waktu melakukan hobi Anda. Memiliki hobi merupakan hal yang positif. Dengan rutin menyisakan waktu untuk melakukan hobi, Anda akan merasa lebih bahagia, termotivasi.
Anda juga akan merasa lebih terdorong untuk bersosialisasi, serta lebih menikmati hidup. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi rasa malas yang ampuh.
6. Menikmati alam
Penelitian membuktikan bahwa menikmati alam dengan melihat tanaman hijau, seperti pepohonan, rumput atau bunga, akan mengembalikan semangat. Pemandangan alami seperti ini sangat mengurangi kelelahan mental.
Jika tidak sempat pergi mengunjungi tempat dengan pemandangan alami, Anda bisa meletakkan pot tanaman di dekat meja kerja sebagai cara mengatasi rasa malas.
7. Istirahat yang cukup
Kurang istirahat akan membuat Anda letih dan mudah jenuh, apalagi setelah berjam-jam melakukan berbagai pekerjaan. Jika didiamkan berlarut-larut, rasa jenuh tersebut kemudian akan menyebabkan rasa malas.
Hindari timbulnya rasa malas dengan istirahat yang cukup, setiap kali Anda selesai mengerjakan sesuatu. Tubuh perlu asupan tenaga lagi di sela-sela kegiatan, sehingga Anda tidak sempat dilanda malas karena kelelahan.
Depresi Bisa Ditafsirkan Sebagai Malas
Jika Anda mengalami depresi, orang lain mungkin menganggap Anda malas. Dan depresi berbeda dari malas.
Ada berbagai tanda depresi, yaitu:
• Kehilangan ketertarikan pada sesuatu yang awalnya ia sukai
• Kehilangan energi
• Sulit berkonsentrasi
• Ide atau percobaan bunuh diri
• Kesulitan tidur atau tidur berlebihan
• Nafsu makan berkurang atau meningkat
Depresi berbeda dengan kesedihan. Perasaan kesedihan kadang-kadang akan terasa dari waktu ke waktu, tapi depresi lebih dari itu dan tahan lama. Keadaan seperti inilah yang membuat Anda merasa malas atau terlihat seperti orang yang malas.
Depresi adalah kondisi medis di mana keluhan yang dialami harus diobati oleh psikiater atau psikolog.
Cara terbaik adalah menentukan penyebab kemalasan Anda untuk memastikan bagaimana Anda mengatasi kemalasan yang tepat. Jangan biarkan perasaan malas menjadi bagian dari kebiasaan dan kebiasaan sehari-hari Anda.
Jika kemalasan sulit diatasi dan Anda mulai mengganggu aktivitas atau kinerja sehari-hari Anda, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau psikolog.
Sumber: Kumparan.com
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *