Example 728x250
Hiburan

Percayalah, Kata Ibu Perihal Pentingnya Sarapan Itu Benar!

8
×

Percayalah, Kata Ibu Perihal Pentingnya Sarapan Itu Benar!

Share this article
Example 468x60


POROSMAJU.COM– Ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mengatakan, sarapan adalah rutinitas yang wajib dilakukan karena menentukan kondisi tubuh selama seharian beraktivitas.
“Sarapan pagi itu penting untuk aktivitas siang sampai malam hari. Pilih menu yang tinggi serat, sehingga kadar gula darah terkontrol, kalau tidak kaya serat, gula darah turun dan badan jadi loyo,” katanya di Jakarta, Selasa (12/9/2017).
Ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini menuturkan, rata-rata kaum urban menghabiskan sekitar 11 jam dalam menjalani rutinitasnya yang padat termasuk ketika terjebak macet.
Masyarakat dengan gaya hidup aktif membutuhkan asupan energi yang tinggi setiap harinya, sebab jumlah kalori yang terbakar juga besar.
Data dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) menunjukan, wanita berusia 25-35 tahun membutuhkan 2.150-2.250 kalori perharinya, sedangkan pria dalam rentang usia tersebut membutuhkan 2.625-2.675 kalori.
Asupan nutrisi yang seimbang di pagi hari menjadi penting karena dapat memenuhi 15 sampai 30 persen dari kebutuhan gizi sehari-hari. Penelitian juga membuktikan, orang yang rutin sarapan justru terhindar dari kegemukan.
“Sarapan pagi merupakan awal yang baik untuk menjalani hari yang produktif dan penuh semangat,” tuturnya.
Menurut Samuel, sarapan ideal terdiri dari empat kategori makanan. Pertama, makanan yang mengandung karbohidrat berasal dari roti, nasi, kentang atau sereal.
Kedua, makanan harus mengandung vitamin dan mineral seperti yang didapatkan dari sayur dan buah. Ketiga, makanan harus mengandung protein yang bisa didapat dari daging, ayam, ikan atau telur.
Keempat, makanan harus mengandung cairan atau minuman yang bisa didapat dari susu, air putih, teh atau kopi.
Lantas, Bagaimana Kalau Perut Mulas Pascasarapan?
Banyak yang menghindari makanan berat di waktu sarapan. Mereka hanya mengonsumsi teh, kopi, air putih, dan satu keping biskuit.
Ahli nutrisi, Victoria Djajadi membantah kebiasaan tersebut dan memberikan cara menjauhi kondisi perut yang sakit atau konstipasi selepas sarapan.
“Yang pertama kali adalah sarapan itu harus dibiasakan,” kata Victoria ketika ditemui dalam sebuah acara kesehatan di Sudirman, Jakarta Selatan.
Sarapan merupakan kegiatan yang sangat diperlukan tubuh untuk mengisi kembali kebutuhan nutrisi selepas tidur semalaman. Sepanjang tidur, tubuh menurunkan aktivitas metabolisme dan menggunakan lemak sebagai sumber energi.
Ketika bangun tidur, tubuh membutuhkan asupan nutrisi guna mengganti energi yang hilang selama tidur dan juga sebagai energi guna menjalani hari. Untuk itulah sarapan diperlukan dan patut untuk dibiasakan.
Cara kedua yang disarankan Victoria adalah untuk menyesuaikan porsi yang akan disantap. Sarapan memang untuk mengisi energi guna mengawali hari, tetapi bukan berarti harus memiliki porsi tukang gali yang menumpuk.
Porsi makan sarapan perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu baik berdasarkan jenis kelamin, umur, dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
Selain agar mencegah Anda mengalami ‘begah’ di pagi hari karena kebanyakan makan, sarapan dengan porsi yang terlalu banyak dapat menyebabkan Anda mengantuk yang justru menurunkan produktifitas.
“Yang terakhir, perlu juga untuk memerhatikan jenis makanan yang disantap,” kata Victoria.

Tidak semua orang dapat cocok dengan semua jenis makanan, beberapa tidak cocok menggunakan olahan susu di pagi hari, yang lainnya membutuhkan porsi karbohidrat lebih banyak dari yang lain.
Pastikan Anda mengetahui jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi pada sarapan. Namun menjadikan kopi apalagi rokok sebagai bagian dari menu sarapan bukanlah pilihan yang baik karena kopi dan rokok mengandung zat yang dapat menghilangkan nafsu makan.

Apa pun masalah Anda ketika sarapan, ahli nutrisi ini menegaskan semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Intinya adalah tidak ada alasan untuk meninggalkan sarapan.

Sumber: Kompas.com dan cnnindonesia.com
 

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *