Example 728x250
Hiburan

Sakit Kepala dan Insomnia; Bisa Jadi Gejala Stres

5
×

Sakit Kepala dan Insomnia; Bisa Jadi Gejala Stres

Share this article
Example 468x60

Sakit Kepala dan Insonmia; Bisa Jadi Gejala Stres
Ilustrasi (kilatnews.com)

POROSMAJU.COM, Disadari atau pun tidak, gejala stres dapat memepengaruhi kesehatan. Ketika sakit kepala melanda atau sering mengalami insomnia, Anda mengira itu adalah suatu penyakit. Tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut disebabkan oleh stress.
Stres yang dibiarkan tidak terkendali dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas dan diabetes.
Stres membuat jantung Anda berdebar
Hal ini karena ketika Anda stres, jantung Anda akan memompa darah lebih cepat ke otot. Saat Anda berada di bawah tekanan, jantung akan merespons seolah-olah Anda berada dalam bahaya secara fisik.
Maka, jantung akan memompa darahnya dan memicu andrenalin Anda seakan-akan Anda sedang dalam bahaya.
Stres yang berkepanjangan melemahkan sistem kekebalan tubuh
Seiring berjalannya waktu, stres yang terus berlanjut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.
Stres bisa menimbulkan bisul dan membuat infeksinya semakin parah. Meskipun begitu, umumnya bisul tumbuh dikarenakan infeksi bakteri.
Hati memproduksi lebih banyak gula darah
Saat stres, organ hati memproduksi banyak gula untuk memberi Anda energi. Tubuh Anda akan menyerap kembali gula darah jika Anda tidak menggunakan seluruh energi tersebut.
Namun, tidak hanya karena stres, jika Anda memiliki masalah obesitas atau berisiko terkena diabetes tipe 2, gula yang berlebih tersebut bisa juga menyebabkan diabetes.
Maka, bila Anda mampu mengatur stres Anda dengan baik, artinya kadar gula arah Anda pun bisa terkendalikan.
Secara biologis, rasa sedikit stres memicu pembuluh darah Anda melebar sehingga darah yang masuk ke otot Anda akan lebih banyak.
Sumber: Tempo.co
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *