Example 728x250
Hiburan

Barongko; Katakan yang Kau Rasakan, Lakukan yang Kau Katakan!

9
×

Barongko; Katakan yang Kau Rasakan, Lakukan yang Kau Katakan!

Share this article
Example 468x60

Barongko; say what you feel, do what you say, feel what you do!
Ilustrasi (youtube.com)

POROSMAJU.COM, Sejarahnya, dahulu, para raja di kerajaan tertentu selalu diistimewakan. Ia selalu diusahakan atas sesuatu yang bersifat menyenangkan. Tempat tinggal yang nyaman, lingkungan yang menghormati, dan makanan yang enak.
Berkunjunglah ke Makassar. Di kota ini ada makanan yang dahulunya disediakan untuk para raja namun kini dapat dinikmati selepas menyantap “makanan berat”. Dahulu, makanan ini juga hanya dapat ditemui sebagai pelengkap penganan di acara nikahan.
Penganan ini merupakan olahan berbahan dasar pisang, lebih matang lebih bagus. Pisang tersebut dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan lain yang tidak sulit didapatkan. Seperti telur, santan, gula, dan garam.
Makanan yang dimaksud adalah barongko. Penganan manis yang ternyata memiliki filosofi taro ada taro gau’ ini mengajarkan kita untuk tidak munafik: apa yang kau katakan, itu pula yang mesti kauperbuat.
Kenapa demikian? Penjelasan sederhananya seperti ini: makanan ini terbuat pisang dan dibungkus dengan daun pisang. Apa yang ada di dalam, itu pula yang terlihat di luar. Ungkapan yang paling popular adalah ‘say what you feel, do what you say, feel what you do’ (katakan yang kau rasakan, lakukan yang kau katakan, rasakan yang kau lakukan).
Rasa manis dan tekstur yang lembut diibaratkan seperti penggambaran perempuan Bugis. Berparas manis dengan perangai lembut. Tutur kata halus dan pelan adalah cara mereka menyampaikan maksud.
Hal lain yang tidak kalah menarik bahwa barongko ini ternyata tidak begitu nikmat jika tidak dibungkus dengan daun pisang. Entah karena aroma khas daun pisang atau karena hal lain. Apa pun itu patut dicoba jika ada waktu luang.
Sekali waktu mampirlah untuk mencicipi penganan ini. Karena di Makassar tidak hanya ada Coto Makassar. Lezat dinikmati selagi baru diangkat dari kukusan atau didinginkan di dalam lemari es (Kartini).
Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *